Minggu, 06 Juli 2014

Transformers 4: Age of Extinction (Riview dan Sinopsis)

Hampir seminggu berlalu semenjak HI dan Ibu Negara menonton film ini. HI baru sempat untuk membuat sebuah catatan kecil mengenai film ini. Sedikit bercerita mengenai perjuangan mendapatkan tiket film ini, yakni harus antre sekitar 15 menit. Karena sewaktu datang menuju loket, antrian sudah mengular sejumlah 3 baris. Takutnya, HI tak kebagian tiket yang tayang pada pkl.12.30 WIB. Tapi, Alhamdulillah, tiket Transformer biasa tanpa 3D didapat. Film ini serentak tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 26 Juni 2014 lalu selang beberapa hari kemudian di Amerika pada tanggal 27 Juni 2014 dalam format 3D.

Transformers: Age of Extinction adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2014 yang berdasarkan produk waralaba Transformers dari perusahaan mainan Hasbro. Film ini merupakan penggarapan ke-4 dari film Transformers, dan sekuel dari Transformers: Dark of the Moon. Film yang mengambil masa empat tahun setelah invasi di Chicago. 

Seperti pendahulunya, film ini kembali disutradarai oleh Michael Bay dan Steven Spielberg sebagai produser eksekutif-nya. Ini adalah film yang untuk pertama kalinya tidak mengikutsertakan Shia LaBeouf (Samuel Witwicky) dan juga yang pertama kali keseluruhannya diperankan oleh pemeran baru. Transformers yang kembali hadir diantaranya Optimus Prime dan Bumblebee, dan film ini menjadi live-action Transformers pertama yang film-nya menyertakan Dinobots (Robot Dinosaurus). 

Cerita awal adalah Autobots dan Decepticons empat tahun setelah film ketiga, pemerintah Amerika Serikat tidak lagi mempercayai para Transformers. Mereka dibasmi pihak keamanan Amerika bernama KSI karena dituduh bertanggung jawab atas kerusuhan di Chicago beberapa tahun yang lalu (coba ingat-ingat Transformers 3, jika memang pernah menontonnya, hihihi). Mereka diburu oleh pasukan pemerintah, Cemetery Wind, pimpinan Harold Attinger (Kelsey Grammer) yang bekerja sama dengan Transformers pemburu hadiah, Lockdown (Mark Ryan). Harold merasa Transformers adalah biang kekacauan sehingga perlu dibasmi, sementara Lockdown mencari keuntungan dari situ. Mereka memberi upah perburuan besar-besaran untuk memusnahkan mereka termasuk para Autobot. Decepticons telah sepenuhnya musnah dari muka bumi, tapi Autobots masih menyisakan sebagian robot yang tidak diketahui keberadaannya.

Satu persatu decepticon di bantai dan dihabisi CIA, sisa dari kerangka para autobot di jadikan object penelitian oleh KIA. KIA sendiri adalah perusahaan yang bekerja sama dengan CIA untuk membuat versi Transformer mereka sendiri dengan unsur baru yang bernama Transformium. Transformium adalah unsur besi yang bisa di program dan bisa beubah bentuk apa saja itulah kenapa Autobot dan decepticon bisa berubah wujud  ke Kendaraan atau pesawat.

Pemimpin Autobots yaitu Optimus Prime tak sengaja dipungut Cade Yeager (Mark Wahlberg) seorang mekanik dalam bentuk truk rongsokan dari sebuah bekas gedung orkestra. (Ning truk aya di gedung nya, hihihi). Ketika memperbaiki truk tersebut, Cade tahu bahwa truk itu adalah sebuah Transformers. Karena berbeda dengan truk-truk pada umumnya. Truk yang tadinya hanya sebuah rongsokan, tapi memiliki bahan terbuat dari baja. 

Sayang, akibat ulah teman Cade, Lucas (T.J. Miller), persembunyian Optimus bocor ke Cemtery Wind yang segera berbondong-bondong mengepung rumah Cade. Pertarungan antara Prime dengan tentara KSI tak terelakkan ketika nyawa Cade dan putrinya Tessa (Nicola Peltz) diujung senapan. Dengan terpaksa, Optimus pun keluar dari persembunyian dan bekerja sama dengan Cade untuk kabur dari Cemtery Wind. Namun, dalam hatinya, Optimus ragu apakah dirinya bisa mempercayai Cade, manusia, mengingat kawan-kawannya habis dibantai manusia. Disaat pelarian Cade dan Tessa ditolong oleh Shane (Jack Reynor) kekasih Tessa. Akan terjadi ketegangan antara Cade dan Shane saat tahu putrinya ternyata pacaran. Uniknya ketegangan Cade-Shane ini dikemas dengan lucu sepanjang film. Ada adegan kebut-kebutan di ladang jagung hingga gedung bertingkat.

Lanjuuttt... Ketika manusia menemukan teknologi Transformers purbakala, mereka menciptakan para Transformers miliknya sendiri, tetapi para Transformers yang baru dikembangkan segera menyadari dan akhirnya mengembangkan kesadaran dirinya, mereka mulai untuk memusnahkan umat manusia dan juga sisa-sisa para Autobot yang dibutuhkan untuk melindungi dunia dari kehancuran. 

Terlihat secara jelas di trailer perdana, sosok Galvatron lebih menyeramkan ketimbang Megatron serta karakter-karakter penjahat lainnya. Terlebih lagi, ia memiliki anak buah yang terlihat lebih kuat ketimbang para Decepticons di ketiga film sebelumnya. Dalam beberapa cerita sebelumnya, Galvatron merupakan sosok reinkarnasi dari Megatron. Nama tersebut memiliki makna baterai elektronik berkekuatan besar. Ia didaulat sebagai pemimpin Decepticons untuk menggantikan Megatron. 

Beberapa versi Galvatron sempat hadir di kisah-kisah animasi maupun komiknya. Ia pernah menjadi sosok yang terpisah dari Megatron. Dalam cerita bertema Unicorn Trilogy, Galvatron merupakan hasil format ulang Megatron hingga akhirnya dicap sebagai pengganti fisik Megatron belaka. Dalam film ini terungkap bahwa Galvatron adalah Transformers remote control (dimanipulasi dari ruang kendali oleh karakter Joshua yang dimainkan Stanley Tucci beserta seorang pria) yang kemungkinan diciptakan agar manusia memiliki senjata untuk melawan invasi alien di masa depan.

Singkat cerita Optimus Prime menemui para Autobots yang tersisa untuk melawan Lockdown. Dan ternyata Lockdown inilah yang bekerja sama dengan KSI untuk memusnahkan Transformers di dunia. Sebagai timbal baliknya Lockdown meminta benih dari transfomers yang dibantai guna menciptakan dunia transformers baru dibumi (pemusnahan manusia), dan Lockdown memberikan "Transformium" yang merupakan unsur yang bisa menciptakan Transformers. Ternyata tindakan gila Lockdown yang akan dilakukan dengan benih itulah yang dulunya menyebababkan kepunahan dinosaurus. Sementara Tranformium tadi digunakan KSI untuk menciptakan Galvatron, transformers buatan dari data pikiran Megatron.

Yang spesial adalah, munculnya Dinobots di saat Autobots terkepung dalam perlawanan dengan Galvatron. Bagi yang sudah menonton Transformers versi kartun (film kartun zaman zebot, hihi) pasti sudah familiar dengan robot berbentuk dinosaurus ini. Grimlock, sang pemimpin Dinobots dibangunkan kembali oleh Prime. Di sini lah terlihat jiwa kepeminpinan Prime yang begitu kuat. Dinobots yang tadinya akan menyerang Prime, dengan gaya dan brainwash Prime, Dinobots menjadi kendaraan tempur para Autobots dalam membasmi Galvatron. Lalu kembalilah sebuah epik pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, kebebasan, dan perbudakan besar-besaran akan terjadi setelahnya. 

Secara keseluruhan saya suka effect robotnya, terutama Transformer yang terbuat dari transformium, Effect Robot yang berubah dari Lamborgini aventador, serta Dinobot. Dan ingat, film transformers ini ada seri pertama dari trilogi yang akan dibuat oleh Michale bay.  Sebelum anda memutuskan menonton film yang berdurasi 160 Menit ini, silahkan anda memilih, Ingin melihat jalan cerita berliku atau melihat efek luar biasa? jika anda ingin melihat jalan cerita yang dalam , ANDA AKAN SANGAT kecewa. Jika anda ingin melihat effect pertarungan antar robot ANDA AKAN PUAS LUAR BIASA. 

Pesan Moral Jika anda belum menonton filmnya, mungkin anda heran, karena tokoh Cade yang di bintangi Mark Walhberg terlalu muda untuk menjadi seorang ayah dengan anak gadis berumur 17 tahun? Nah ternyata *SPOILER ALERT*, Tessa, anak dari Cade itu lahir saat Cade dan istrinya baru berumur 18 tahun. Artinya tessa lahir saat Cade masih SMA atau baru lulus SMA.

Di film ini, Cade sangat protektif kepada Tessa karena dia tidak ingin tessa mengalami kesalahan yang sama yaitu hamil di luar nikah atau menikah karena kecelakaan. Woh, saya cukup respect dengan si sutradara. Pesan ini sangat mengena karena film transformers adalah film remaja. Pelajaran penting disini, bagi anda seorang ayah, jaga putri anda. Nah bagi anda cewek ABG alay dan labil, dengerin ucapan orang tua kalau tidak ingin menyesal, misalkan bepergian dengan cowok yang baru dikenal atau yang tidak jelas latar belakang keluarganya.

Dari sisi cerita, Film transformers ini mirip banget dengan film transformer pertama yang tayang di tahun 2007 dan beberapa adegan di transformer 2 dan 3 . Berikut ini adalah kemiripannya
  1. Robot Transformers di temukan oleh manusia, jika Sam menemukan robot Bumblebee, maka di TF4 (Transformer 4) yang menemukan robot adalah Cade Yeager. Sekarang robot yang ditemukan adalah Optimus Prime.
  2. Optimus prime dikejar oleh agen CIA, Bumblebee dulu dikejar oleh agen Sector Seven.
  3. Dulu rebutan Cube, sekarang rebutan Seed (benih).
  4. Dulu Sektor Seven awalnya jahat dan akhirnya jadi baik, di film ini BOS KIA yang kerjasama dengan CIA akhirnya memihak Autobots.
  5. Di akhir film TF1 starscream kabur ke angkasa, di akhir film TF4 , Optimus prime yang terbang ke angkasa.
  6. Di TF1 , Bumblebee adalah mobil jelek, namun karena di ejek oleh Michaela, dia berubah jadi mobil keren. Di film ini, Bumblebee juga di ejek oleh KIA dan pacar dari Tessa Yaegar dan pabrik KIA, akhirnya dia berubah menjadi mobil keren. 
  7. Di Transformers 1 Robot Autobot cuma 4, di film ini robot Autobot juga cuma 4 ditambah Optimus Prime.
  8. Di transformer 2, Optimus prime tertembak dan mati, di TF4 Transformers  lagi lagi Optimus Prime tertembak namun tidak mati.
  9. Di Transformer 3 Bumble bee berubah bertransformasi saat mau menabrak truk dan Sam terlempar ke udara, di TF4 adegan ini di ulang namun yang terlempar 3 orang.
  10. Transformers 2 Revenge of The Fallen ada fallback ke masa lalu. disini juga ada fallback ke masa dinosaurus 65jt tahun lalu. jadi menurut transformers, dinosaurus musnah karena kedatangan dinobot. bukan karena meteor. 

Demikian, Selamat Menyaksikan ....

*disadur dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Film transfrmer 4 ini memang sangat bagus sekali animasinya, meskipun dilihat berkali-kali tetep aja puas tidak jadi bosan!

    Kunjungan balik ya -> www.tokoonlinebaru.com

    BalasHapus