Minggu, 13 September 2015

Lomba Aksi Ketangkasan Pramuka "LASKAR" Pangkalan SMA Terpadu Ar-Risalah

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Ampuni Hamba Yaa Allah
Tara nulis yeuh duh
Sakalina nulis bagean nu penting-penting

Cekidot....
Setelah pada 2014 yang lalu, Gerakan Pramuka Gudep Ciamis 03.005-03.006 sukses menyelenggarakan Lomba Senam Pramuka Se-Wilayah I Kwarcab Kabupaten Ciamis. Maka, di 2015 ini, akan diselenggarakan kembali kegiatan tersebut. Hanya, tidak sama pada penyelenggaraan tahun lalu, kali ini ada tiga mata lomba yang dilaksanakan. Untu lebih jelasanya, berikut penjelasannya.


Latar Belakang
Bahwa tujuan Gerakan Pramuka adalah mendidik atau membentuk generasi muda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, yang pelaksanaanya di sesuaikan dengan keadaan dan perkembangan bangsa dalam masyarakat indonesia supaya menjadi manusia berkepribadian, berwatak luhur, mandiri dan peduli terhadap sesama lingkungannya. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu di adakan kegiatan yang menarik, menantang dan mengandung nilai pendidikan.
Kesegaran jasmani adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu yang berat dan cukup lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Untuk meningkatkan dan menjaga tingkat kesegaran jasmani, kita harus sering melatih komponen-komponen kesegaran jasmani. Banyak cara-cara atau model-model latihan yang dapat digunakan  untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang disesuaikan dengan komponen yang akan dilatih.
Komponen kebugaran jasmani meliputi kekuatan, kelentukkan, kelincahan, kecepatan, keseimbangan, dan daya tahan. Komponen tersebut dapat dipenuhi melalui aktivitas fisik baik aerobik dan anaerobik. Aktivitas aerobik antara lain: senam ritmik, senam massal, jogging 30 menit, dan lain-lain. Sedangkan aktivitas anaerobik antara lain: sprint 100 meter, bola basket, sepakbola, dan lain-lain. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani ini yaitu senam.

Dasar Hukum

  1. Keputusan Presiden RI No. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka;
  2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
  3. Keputusan Presiden RI No. 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar;
  4. Keputusan Kwartir Nasional No. 098 tahun 2004 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
  5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 tahun 2005 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola Pembina dan Pengembangan pramuka, Penegak dan Pandega;
  6. Surat Keputusan Ketua Mabigus 03.005-03.006 Nomor 002 Tahun 2015 Tentang Susunan Sangga Kerja Lomba Aksi Ketangkasan Pramuka (LASKAR) Se-Wilayah I Kabupaten Ciamis.
  7. Hasil Rapat keluarga Ambalan Penegak tangga 4 September dan 2015;

Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Lomba Aksi Ketangkasan Pramuka (LASKAR) Se-Wilayah I Kabupaten Ciamis Tahun 2015

Tema dan Subtema
Tema kegiatan: "Satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan"
Subtema kegiatan: "Menciptakan Pramuka Siaga dan Penggalang yang aktif, kreatif, inovatif, dan tangguh"

Waktu dan Tempat
Waktu kegiatan                   : Minggu, 18 Oktober 2015
Tempat kegiatan                 : Kampus SMA Terpadu Ar-Risalah

Tujuan dan Sasaran
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk lebih mengenalkan senam Pramuka kepada anggota Pramuka Penggalang.

Peserta
Peserta adalah anggota Pramuka Siaga se-Kecamatan Cijeungjing, Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SD/Sederajat Se-Kecamatan Cijeungjing dan Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP/Sederajat Se Wilayah I Kabupaten Ciamis meliputi Kecamatan Ciamis, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, Cisaga, Sadananya, Baregbeg, dan Cipaku yang terdaftar di Panitia dengan membawa surat mandat dari kepala sekolah masing-masing.

Perlombaan
Perlombaan yang akan dilaksanakan diantaranya:
  1. Lomba Mewarnai tingkat Pramuka Siaga se-Kecamatan Cijeungjing
  2. Lomba Senam tingkat Penggalang yang berpangakalan di SD/Sederajat se-Kecamatan Cijeungjing
  3. Lomba Senam tingkat Penggalang yang berpangakalan di SMP/Sederajat se Wilayah I Kabupaten Ciamis meliputi Kecamatan Ciamis, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, Cisaga, Sadananya, Baregbeg, dan Cipaku.
bUntuk penjelasan teknis perlombaan akan diposting selanjutnya.
Salam Pramuka
v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar