RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
|
:
|
SMA Terpadu Ar-Risalah Ciamis
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
KELAS
|
:
|
X
|
SEMESTER
|
:
|
1
|
A. STANDAR
KOMPETENSI
Mendengarkan
: 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu
puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
C. MATERI
PEMBELAJARAN
Rekaman puisi atau pembacaan langsung :
Struktur fisik puisi, atau terkadang
disebut pula metode puisi, adalah sarana-sarana yang digunakan oleh penyair
untuk mengungkapkan hakikat puisi. Struktur fisik puisi meliputi hal-hal
sebagai berikut:
·
Perwajahan
puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi
kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak
selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal
tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.
·
Diksi,
yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Karena
puisi adalah bentuk karya sastra yang sedikit kata-kata dapat mengungkapkan
banyak hal, maka kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan
kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan
urutan kata.
·
Kata
kongkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan
munculnya imaji. Kata-kata ini berhubungan dengan kiasan atau lambang.
·
Misal
kata kongkret “salju: melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll,
sedangkan
kata kongkret “rawa-rawa” dapat melambangkan tempat kotor, tempat hidup, bumi,
kehidupan, dll.
·
Imaji,
yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi,
seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan.
Imaji
dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan
(visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil).
Imaji
dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan merasakan
seperti apa yang dialami penyair.
·
Bahasa
figuratif, yaitu bahasa berkias yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan
menimbulkan konotasi tertentu (Soedjito, 1986:128).
Bahasa
figuratif disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora,
simile, personifikasi, litotes, ironi, dll.
·
Versifikasi,
yaitu menyangkut rima, ritme, dan metrum.
Rima
adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi,
mencakup pengulangan kata/ungkapan.
Ritma
adalah tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Ritma sangat menonjol
dalam pembacaan puisi.
D. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Bersahabat/ komunikatif
Tanggung jawab
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
Kepemimpinan
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi
majas/gaya bahasa yang dipergunakan oleh penyair.
·
Mengidentifikasi
rima atau persajakan akhir.
·
Mengidentifikasi
kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang.
·
Menanggapi
unsur-unsur puisi yang ditemukan
·
Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang
F.
METODE PEMBELAJARAN
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya
Jawab
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
unsur-unsur
bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
|
·
contoh
Rekaman puisi atau pembacaan langsung
|
·
Siswa Mengidentifikasi
(majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang).
|
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Belajar
Kegiatan Awal:
F Guru sedikit mengulas pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Bersahabat/ komunikatif
Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan pembacaan puisi “Kesaksian Akhir Abad” karya Rendra.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut.
F Melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Tanggung jawab
Kegiatan Akhir:
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
F Penugasan
F Guru memberitahukan tentang materi apa yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Bersahabat/ komunikatif
I.
ALOKASI WAKTU
4 x
45 menit
J.
SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
·
Buku
Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 1, Atep
Tatang, dkk. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, tahun 2008
·
Slide
Power Point.
·
Rekaman
pembacaan puisi Kesaksian Akhir Abad, WS. Rendra.
·
Tuturan/Pembacaan
langsung
K. PENILAIAN
Jenis Tagihan:
§
tugas
individu
§
ulangan
Bentuk Instrumen:
§
uraian
bebas
§
pilihan
ganda
§ jawaban singkat
L. SOAL
DAN JAWABAN
Senja di Pelabuhan Kecil
buat
Sri Ajati
Karya:
Chairil Anwar
Ini
kali tidak ada yang mencari cinta
Di
antara gudang, rumah tua, pada cerita
Tiang
serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
Menghembus
diri dalam mempercaya mau berpaut
Gerimis
mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
Menyinggung
muram, desir hari lari berenang
Menemu
bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
Dan
kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada
lagi. Aku sendiri. Berjalan
Menyisir
semenanjung, masih pengap harap
Sekali
tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
Dari
pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap.
SOAL:
1.
Apakah
tema dari puisi “Senja di Pelabuhan Kecil” tersebut?
2.
Bagaimana
pemilihan kata/diksi puisi tersebut?
3.
Bagaimana
persajakan atau rimanya?
4.
Bagaimana
gaya bahasanya?
5.
Sebutkan
bentuk-bentuk pengimajian dalam puisi tersebut?
6.
Bagaimana
pula tipografinya?
JAWABAN:
1.
Percintaan.
2.
Menggunakan
bahasa kias, majas, yang menimbulkna keindahan / estetis.
3.
Rima
pada bait pertama a b a b, bait kedua a a b b, dan bait ketiga a b a b.
4.
Majas
metafora, personifikasi, dan penggunaan kata lambang.
5.
Imaji
visual (Kapal, perahu tiada berlalu).
6.
Tipografi
berbentuk paragraf, karena ada penggunaan tanda baca (titik), walaupun
kalimatnya tidak utuh, karena banyak terdapat kalimat yang belum selesai
penulisannya dalam satu baris.
Mengetahui Ciamis, 1 Januari 2013
Kepala SMA
Terpadu Ar-Risalah Ciamis, Guru
Mata Pelajaran,
Hj. Didah Samrotul
Fuadah, M.Pd. Ilan
Ridwan Mubarok, S.Pd.
NIP.
19610912 198211 2 003 NIP.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar