Minggu, 13 April 2014

MotoGP Seri Austin: Segalanya oleh Marc Marquez!

Balapan di Circuit of the Americas (COTA), Senin (14/4/2014) dinihari WIB berlangsung di bawah awan mendung. Rintik gerimis sempat turun saat balapan Moto3 digelar, namun tak berlanjut saat kelas MotoGP digelar. Marc Marquez tampil dominan di MotoGP Austin dan menuntaskan balapan di posisi terdepan. Repsol Honda menyempurnakan balapan seri kedua di musim 2014 ini dengan menempatkan Dani Pedrosa di posisi kedua. 

Marc Marcuez di seri Austin ini mengulang sukses race tahun lalu. Ia menyapu seluruh sesi, dari FP 1-4, kualifikasi hingga balapan. Hasil mengecewakan didapat duo Yamaha. Sempat terlempar ke posisi paling akhir, Lorenzo akhirnya menuntaskan balapan di urutan 10. Sementara Valentino Rossi finis di urutan delapan, meski sempat bertarung memperebutkan posisi tiga di lap-lap awal.

Hasil balapan di MotoGP Austin ini melanjutkan start bagus Marquez di awal musim 2014 untuk mempertahankan gelar juara dunia miliknya. Dua pekan lalu di Losail dia juga jadi juara setelah memenangi duel sengit dengan Valentino Rossi. Marquez kini mengumpulkan 50 poin dan makin kokoh di puncak klasemen. Sementara Pedrosa naik ke posisi kedua dengan nilai 36. Dia menggeser Valentino Rossi yang setelah dua balapan ini mengumpulkan 28 angka.

Di awal lomba Lorenzo melakukan jump start. Ia rupanya ingin menonjolkan kelebihannya pada saat start yang selalu melejit kencang. Namun Ia mengalami nasib apes, Jumpstart dan harus rela masuk pitlane karena terkena penalti. Dan ketika kembali ke race, Ia berada di posisi buncit, 23. Setelah itu, praktis race Austin ini milik Marc Marquez. Marquez mendominasi penuh jalannya balapan. Satu-satunya momen dia tak berada di posisi satu adalah pada lap pertama. Ketika itu dia berada di belakang Jorge Lorenzo yang melesat ke posisi terdepan karena mencuri start. Lap 4 Marquez memimpin 0,7 detik di depan Pedrosa dan Iannone. 

Masih di Lap-4 Rossi dalam satu lap menyalip 4 rider, dari posisi 8 menjadi posisi 4. Bradl Overtake Crutchlow, sehingga naik ke posisi 5. Lap 5 Jarak Marquez – Pedrosa melebar menjadi 1,029 detik. Sementara Pedrosa ke Iannone jaraknya sekitar 3,79 detik dan Iannone Rossi 0,47 detik. Lap 6 Lorenzo naik ke Posisi 19. Lap 7 Lorenzo Naik ke posisi 17. Lap 8 Jarak Marquez- Pedrosa 1,94 detik. Di lap 7 ini Bautista crash. Ini kali kedua Bautista crash setelah dua pekan lalu di Losail Qatar. Lap 10 Lorenzo masuk ke zona Point yakni ke posisi 14. Awal Lap 11 Rossi yang pada Lap 4 menyalip 3 rider, kini Ia harus rela disalip 3 rider dan melorot ke posisi 8 setelah diovertake duo Yamaha Tech3 Pol Espargaro dan Bradley Smith. Lap 12 Crutchlow Crash. 

Lap 13 Marquez semakin menjauh dari Pedrosa. Ia berselisih 3,6 detik dengan Pedrosa. Lap 15 Bradl Overtake Iannone naik ke posisi 3, dan Doviziozo pun naik ke posisi 4 setelah overtake Iannone. Lap 16 Doviziozo naik keposisi 3 setelah Overtake Bradl. Jarak Marquez-Pedrosa kembali melebar menjadi 5,1 detik. Smith naik ke posisi 5 setelah Overtake Iannone. Iannone mengalami nasib sama dengan Rossi. Ia yang anteng sejak lap kedua di posisi 3, harus rela disalip pleh 3 rider dalam waktu yang tak relatif lama di lap 15 sampai lap 18. Lap 19 Marquez memimpin 5,8 detik di depan Pedrosa. Marquez nih enak, kaya balapan sendirian. Dan kamera pun jarang menyoroti dua posisi teratas ini.

Marc Marquez mengulang kemenangan tahun lalu menjadi juara MotoGP seri Austin Texas 2014. Di posisi kedua ada Dani Pedrosa. Sementara itu di posisi 3 ada Andrea Dovizioso yang merupakan tim open class. Khusus untuk tim open class Ducati. Jika sudah mendapatkan 3 kali podium posisi 3, maka pada musim 2015 Ducati harus kembali menjadi Factory Team.

Selamat untuk Marc Marquez!

*hasil race selengkapnya dapat dilihat di sini.
**klasemen sementara pembalap hingga seri Austin, dapat dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar