Sabtu, 28 Desember 2013

Kwarcab Kab.Ciamis Gelar Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK)

Pendidikan dan Pelatihan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang dengan tujuan untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai segi kehidupan organisasi dan masyarakat sehingga dapat menjadi kader bagi Gerakan Pramuka dan Bangsa. Sasaran Diklat Pramuka Penegak dan Pandega diarahkan pada tiga hal utama, yaitu menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pribadi dalam hal :
  1. Mengelola satuan gerak yang meliputi satuan Ambalan, Racana, Satuan Karya, serta satuan bina yaitu Dewan kerja.
  2. Melatih orang lain menguasai keterampilan dan kepemimpinan khas Gerakan Pramuka. 
  3. Penguasaan keterampilan yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan masyarakat.


Sebanyak 53 anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega utusan dari 34 Kwartir Ranting yang ada di lingkup Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis, mengikuti Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK). Kegiatan tersebut merupakan agenda Kwartir Cabang Kab.Ciamis yang sangga kerja nya adalah Dewan Kerja Cabang T&D Kwarcab Ciamis. KPDK diselenggarakan guna meningkatkan mutu serta keterampilan mengelola Dewan Kerja para Pramuka Penegak dan Pandega, agar nantinya mereka lebih memiliki peran di masyarakat. Selain itu diharapkan pula peserta dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan program yang ada di Gugus Depannya juga di Dewan Kerja Rantingnya. 

Kursus Pengelola Dewan Kerja tingkat Kota telah dilaksanakan sejak 22-25 Desember 2013, dengan mengusung tema "Ready to Action ready to Serve". Hal tersebut dimaksudkan agar Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Ciamis siap untuk beraksi dan siap untuk melayani. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kwarcab Kab.Ciamis, Kak Baim Setiwan. Dalam kegiatan tersebut, para peserta dibekali beberapa materi pelatihan, di antaranya teknik lobi negosiasi diplomasi, reading personality and leadership, administrasi kesekretariatan dan beberapa kegiatan yang behubungan dengan pengelolaan dewan kerja dan pembentukan karakter bangsa. Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah mereka para pelatih dari Pusdiklatcab Ciamis, yang memang sudah terbiasa melatih peserta didik ataupun pembina untuk menjadi Pramuka yang berkompeten.

HI, ketika masih menjadi peserta didik, sempat juga mengikuti KPDK di Kwarcab Kota Tasikmalaya sekitar tahun 2004. KPDK tersebut merupakan kursus pendidikan kepramukaan pertama yang diikuti HI. Waktu itu KPDK dilaksanakan di SMAN 8 Kota Tasikmalaya. 

Semoga, setelah kegiatan KPDK ini berakhir, para peserta mampu mengaplikasikan semua ilmu yang didapatnya baik untuk memajukan Gugus Depan ataupun Dewan Kerja rantingnya masing-masing.

Sekian dan Tetap Memandu!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar